10 Hewan Mengagumkan Yang Telah Punah

/ /




Quagga (setengah zebra, setengah kuda- punah sejak 1883)
Salah satu hewan paling terkenal Afrika yang telah punah, quagga adalah subspesies dari zebra dataran, yang pernah ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan tepatnya di Provinsi Cape di bagian selatan Orange Free State.  zebra ini dibedakan dengan zebra lain dengan memiliki tanda hidup biasa pada bagian depan tubuh saja. Pada bagian pertengahan, garis-garis pudar dan gelap, garis-garis antar ruang menjadi lebih luas, dan bagian belakangnya adalah cokelat polos. 


Thylacine (Harimau Tasmania- punah 1936)
Thylacine adalah karnivora marsupilami terbesar yang ditemukan di zaman modern, hewan asli dari dataran australia dan New guinea diperkirakan telah punah sejak abad 20.
Harimau tasmania ini lebih dahulu punah di dataran australia dan sempat bertahan hidup di tasmania sebelum akhirnya benar-benar hilang karena perburuan dan penyakit.

Steller (Sapi Laut - punah sejak 1768)
Pernah ditemukan di lepas pantai laut bering di tahun 1741 oleh Georg Steller yang sedang dalam ekplorasi vitus bering.
Sapi laut ini tumbuh hingga mencapai 7,9 meter dan beratnya hingga 3 ton, jauh lebih besar daripada dugong.
hewan ini jinak dan selalu hidup di air dengan sesekali berteduh di pinggir pantai. kedatangan manusia adalah sebab kepunahan makhluk ini.


Rusa Irlandia (Rusa terbesar yang pernah hidup - punah sekitar 7000 tahun yang lalu)
Rusa raksasa irlandia ini terkenal karena ukurannya yang sekitar 2,1 meter diatas bahu. perburuan massal oleh manusia adalah penyebab kepunahannya, namun ada juga yang mengatakan bahwa mereka telah berevolusi menjadi rusa-rusa modern saat ini.

Harimau Kaspia (Harimau terbesar ketiga- punah 1970)
Harimau kaspia/ persia adalah subspesies dari harimau barat yang ditemukan di iran, irak, afghanistan, turki, mongolia, dan uzbekistan. diketahui kepunahannya di tahun 1970-an, harimau ini adalah jenis harimau yang terbesar ketiga dengan cakar dan kaki kuat memanjang dengan Berat mencapai 169-240kg.


Aurochs (Hewan ternak terbesar - punah 1627)
Hewan buruan favorit di eropa timur ini telah punah sejak 1627.
Pada abad ke 13 Aurochs dibatasi pergerakannya di beberapa negara eropa timur dan hak perburuannya hanya dimiliki untuk kerajaan dan bangsawan. aurochs terakhir yang terlihat adalah jenis betina yang ada di hutan jaktorow polandia.

Bersambung ....
          Sumber :  Nyatanya!? 




Comments
...........