Cuci Aki? Gak Perlu Di Kuras!

/ /





Boleh nggak sih aki dikuras? Sebab lihat hasilnya tidak ada kendala saat air aki dikuras kemudian diisi air zuur (botol warna merah). Bahkan aki tetap keluar setrum walau belum dicas ulang untuk mendapatkan tegangan ideal (12 volt).

“Sesuai aturan pabrik, aki sebetulnya tidak perlu dicuci apalagi dikuras. Sebab bekas rontokan timbel secara otomatis akan langsung ditampung pada bagian bawah wadah aki yang bentuknya disekat juga jauh dari sel,” beber Sahrudin, Technical Support PT GS Battery.

Sebaliknya kalau air aki sengaja dikuras. Bekas rontokan timbel yang tidak ikut keluar bersama cairan elektrolit, saat posisi aki kembali semula akan mengendap di atas sel elektroda positif juga negatif. Dikhawatirkan akan terjadi korslet. Kalau aki sudah pernah mengalami hubungan arus pendek, penyebab cepat rusak.

“Itu sebabnya kenapa air aki tipe konvensional tidak boleh dikuras. Oleh kerena itu, pabrikan sudah membuat wadah penampung rontokan timbel di bawah. Kalau sudah mulai tebal dan mendekati sel, artinya aki minta diganti baru agar setrum kembali,” ingat bapak berkator di Jl Yos. Sudarso, Sunter I, Jakarta Utara.

Ingat itu!

Sumber : motorplus : Nyatanya !?




Comments
...........