Tibetan Mastiff, Anjing Penjaga Kuil-Kuil Budha

/ /





Leluhur daripada anjing Tibetan Mastiff (lebih dikenal dengan sebutan Do Khyi) sangat popular dengan cerita legendaris mereka yang terkenal dengan keganasannya sebagai anjing penjaga di Biara-Biara di Tibet.

Sedangkan anjing jenis Tibetan Spaniels yang bertindak sebagai anjing pengawas diketinggian kompleks biara dan akan menggongong untuk memperingatkan biarawan dan mastiff apabila ada sesuatu yang mendekati kawasan kompleks. Anjing Mastiff ini juga berfungsi sebagai pelindung yang menakutkan di rumah, peternakkan, pedesaan dan ‘caravan'.


Di Amerika Utara, Tibetan Mastiff dipergunakan unutk menjadi anjing penjaga, gembala dan sebagai anjing sahabat keluarga. Dan dipercaya bahwa salah satu nenek moyang dari trah ini adalah anjing New Foundland, Great Pyrenees, Dogue de Bordeaux, Great Dane dan masih banyak anjing lainnya. 

Dan masih diklasifikasikan sebagai anjing trah yang langka, Tibetan mastiff diperkirakan telah hidup 3000 tahun yang silam bersamaan dengan anjing-anjing jenis trah tua lainnya.


Negara Asal: Tibet

Tinggi:

Dewasa Jantan: Minimal 26 Inches/66 Cm
Dewasa Betina: Minimal 24 inches/61 Cm

Berat Badan:

Dewasa Jantan: Antara 100 -160 Lbs / 45.36-72.58 Kg
Dewasa Betina : Antara 75 -120 Lbs / 34.02-54.43 Kg


Selain pembawaannya yang santai, lembut, stabil dan setia, Tibetan Mastiff juga dapat menunjukkan sikap rasa percaya diri yang tinggi, tidak bersahabat dan selalu siap siaga. 

Bagi mereka yang mengetahui jenis anjing ini akan dengan segera beranggapan bahwa anjing ini bukan tipe anjing yang dapat dipelihara oleh siapapun karena ia juga dapat memberikan perlawanan kepada induk semangnya.

Tibetan Mastiff membutuhkan perhatian dan latihan untuk tetap membuatnya dapat beriaktivitas, jika tidak seperti juga halnya dengan jenis trah lain, ia dapat merusak apa saja untuk menghilangkan rasa bosan. Sebagai tambahan yang patut diperhatikan.


Tibetan Mastiff adalah anjing yang memiliki kemampuan untuk dilatih sejak dini dan sosialisasi yang baik dengan manusia dan hewan peliharaan lain.

Sebagai anjing yang memiiki tingkat intelegensia yang tinggi, Tibetan dapat beradaptasi pada situasi yang berbeda, demikian pula ia hewan yang dapat menentukan sendiri ativitasnya dan terkadang kurang tertarik kepada sesuatu yang memang sudah dirancang untuk aktivitasnya, seperti kegiatan ketaatan atau agility. 

Secara alamiah ia merupakan anjing penjaga dan secara naluri kemampuannya adalah sebagai pelindung yang sangat baik di rumah. Seperti yang dikatakan anjing ini bukanlah anjing yang dapat dimiliki oleh sembarang orang, jadi apabila Anda berencana untuk memelihara Tibetan Mastiff, pelajarilah terlebih dahulu karakternya sebelum membawanya pulang ke rumah, dan yakinkah Anda ia memang merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi pilihan Anda.







           Sumber . Nyatanya!? 




Comments
...........