9 Figur Terkenal Keagamaan Dalam Sejarah

/ /




 
9. Mary Baker Eddy

Mary Baker Eddy terlahir di tahun 1821 dan wafat pada tahun 1910 adalah seorang pendiri aliran christian science, aliran yang dia dirikan ini berkembang menjadi salah satu gereja yang memiliki nama resmi " the first church of christ" .

Latar belakang keluar petani dengan faham gereja calvinis membuat mary pada tahun 1876 mendirikan "Christian Scientist Association" yang bertujuan untuk menengakkan kembali kekristenan yang asli, gerakan gereja yang ia gawangi diselubingi misteri metafisika dan segala hal tentang mistis penyembuhan.


Ilustrasi
8. Musa

Sejarah yahudi dipenuhi dengan banyak nabi yang diturunkan padanya mulai dari daud sampai sulaeman, elia , yehezkiel namun Musa lah yang paling memberikan pengaruh yang kuat.

Seorang pemuda yang dibesarkan dalam lingkungan kerajaan dan dibawah asuhan firaun membawa Musa menjadi sosok penting sebagai nabi yang membawa ajaran tuhan, dengan taurat sebagai kitab suci musa diutus untuk kaum israel yang tertindas oleh kekejian firaun.



7. ZaraThusra ( Ajaran Zoroaster)

Seorang nabi dari Persia (Kini disebut Iran). Dia adalah pencetus Zoroastrianisme yang dianut oleh bangsa Persia dan juga adalah seorang imam pengajar. Zarathustra diperkirakan hidup sekitar 1100-550 SM. Ada juga yang mengatakan dia hidup sekitar 1200-600 SM.

Dasar ajaran dari Zarathustra adalah monotheisme, yaitu menyembah hanya satu Tuhan, Ahura Mazda.Angra Mainyu, yang merupakan Sang Kegelapan dan lawan dari Ahura Mazda, adalah pengingkaran Tuhan. Ajaran Zarthustra juga membenarkan adanya makhluk-makhluk suci yang bersifat pengasih yang membantu perjuangannya. 

Akan tetapi setelah Zarathustra meninggal, kepercayaan kepada makhluk-makhluk suci tersebut diubah menjadi konsepsi kedewataan yang dihubungkan dengan penciptaan alam, yang terdiri dari enam tingkat penciptaan benda-benda alam, yaitu :

  • Asha Vahista sebagai dewa tata tertib dan kebenaran yang indah dan sering digambarkan sebagai dewa yang menguasai api

  • Vohu Manah sebagai dewa hati nurani baik (God mind) dan sering digambarkan sebagai sapi jantan

  • Keshatra Vairya sebagai dewa pencinta dan penguasa segala logam

  • Spenta Armaity sebagai dewa ibadah yang penuh kasih dan penguasa bumi dan tanah

  • Haurvatat adalah sebagai kebulatan dan kekuasaan serta penguasa air dan tumbuh-tumbuhan

Amertat, sama seperti Haurvatat, sebagai dewa kebulatan dan kekuasaan serta penguasa air dan tumbuh-tumbuhan.

Segala bentuk ajarannya dituangkan dalam sebuah kitab yang disebut Gathas dan Avesta.



6. Sidharta Gautama

Kata "Buddha" sering diucapkan sebagai metafora untuk pencerahan spiritual dan kebijaksanaan, dan Sidharta Gautama adalah tokoh utama dibalik mitologi daging-darah.

Seorang pangeran yang menghabiskan 29 tahun hidup pertamanya untuk kemewahan dunia lalu meninggalkannya untuk memulai pencarian akan arti hidup sebenarnya.

Dikenal sebagai shakyamuni atau orang bijak dari kaum sakya sidharta adalah seorang guru spiritual pendiri agama budha yang timbul akibat "Empat Kondisi" yang sangat berarti, yaitu orang tua, orang sakit, orang mati dan orang suci.



5. Khresna

Seperti Sang Buddha, kadang-kadang sulit untuk membedakan antara fakta sejarah dan metafora ketika datang ke beberapa tokoh agama yang paling kuno. Hal ini terutama berlaku kepada Krishna, yang tampaknya menjadi bagian manusia dan entitas bagian supranatural mencakup segala macam hal yang luar biasa (seperti inkarnasi Wisnu yang paling kuat, Ketuhanan Trinitas Hindu dewa).

Kisah-kisah mengenai Kresna muncul secara luas di berbagai ruang lingkup agama Hindu, baik dalam tradisi filosofis maupun teologis. Berbagai tradisi menggambarkannya dalam berbagai sudut pandang: sebagai dewa kanak-kanak, tukang kelakar, pahlawan sakti, dan Yang Mahakuasa. Kehidupan Kresna dibahas dalam beberapa susastra Hindu, yaitu Mahabharata, Hariwangsa, Bhagawatapurana, dan Wisnupurana.

4. Confucius (551 SM – 479 SM)

Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi.

Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap enteng; ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya dan para komentator.

Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraannya dengan murid-muridnya. Ia disusun setelah dia meninggal dan berisi inti-inti ajarannya.



3. Martin Luther (10 November 1483 - 18 Februari 1546)

seorang pastur Jerman dan ahli teologi Kristen dan pendiri Gereja Lutheran, gereja Protestan, pecahan dari Katolik Roma. Dia merupakan tokoh terkemuka bagi Reformasi. 

Ajaran-ajarannya tidak hanya mengilhami gerakan Reformasi, namun juga memengaruhi doktrin, dan budaya Lutheran serta tradisi Protestan. Seruan Luther kepada Gereja agar kembali kepada ajaran-ajaran Alkitab telah melahirkan tradisi baru dalam agama Kristen. Gerakan pembaruannya mengakibatkan perubahan radikal juga di lingkungan Gereja Katolik Roma dalam bentuk Reformasi Katolik. 

Sumbangan-sumbangan Luther terhadap peradaban Barat jauh melampaui kehidupan Gereja Kristen. Terjemahan Alkitabnya telah ikut mengembangkan versi standar bahasa Jerman dan menambahkan sejumlah prinsip dalam seni penerjemahan. 

Nyanyian rohani yang diciptakannya mengilhami perkembangan nyanyian jemaat dalam Gereja Kristen. Pernikahannya pada 13 Juni 1525 dengan Katharina von Bora menimbulkan gerakan pernikahan pendeta di kalangan banyak tradisi Kristen.



2. Yesus Dari Nazareth

Apa yang sangat luar biasa tentang hal ini adalah bahwa pelayanan kenabiannya berlangsung selama lebih dari dua tahun, ia tidak pernah memiliki lebih dari seribu pengikut selama hidupnya, ia tidak meninggalkan tulisan-tulisan pribadi, dan bahkan dieksekusi karena hasutan oleh penguasa Romawi, semua yang seharusnya membuatnya sedikit lebih dari sebuah catatan kaki dalam sejarah. Sebaliknya, hari ini ia dihormati tidak hanya sebagai seorang nabi besar dan guru moral namun sebagai perwujudan tuhan oleh pengikutnya.

Milyaran pengikutnya kini bertebaran di dunia dengan ajaran yang disebut kristiani, yesus menjadi sosok inspiratif tentang pengorbanan dirinya untuk manusia.



1. Muhammad

Sosok yang fenomenal dalam sejarah, ia pernah menjadi seorang anak yatim piatu, menjadi pengusaha, menjadi ayah, menjadi sahabat, menjadi kepala negara, menjadi komandan perang, menjadi suami, menjadi kakek , dan menjadi rasul.

Sosok sukses di segala hal yang saat ini memiliki miliaran pengikut di dunia, muhammad memiliki banyak kontroversi, ia sering dihina namun di lain sisi banyak orang-orang yang tidak menjadi pengikutnya menyanjungnya, ia dipuji dan dijadikan contoh teladan oleh umatnya.


           Nyatanya!? 




Comments
...........