Fakta Pengetahuan Tentang Monyet Tupai

/ /




Monyet dikenal sebagai salah satu hewan primata yang memiliki banyak klasifikasi jenis, kali ini Nyatanya !? akan membahas tentang "Monyet Tupai" monyet lucu ini memiliki banyak kelebihan seperti cerdas dan peloncat yang lihai,  Yumari kita kenali monyet ini lebih akrab : )


Monyet Tupai adalah salah satu jenis dari monyet yang habitatnya berada di kawasan asia selatan dan hutan hujan tropis amerika tengah, monyet jenis ini paling banyak ditemukan di hutan amazon.

Mereka hidup berkelompok dan 1 kelompok biasanya terdiri dari 10-70 ekor, kelompok-kelompok terbagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu jantan dewasa, betina, dan monyet tupai remaja.


Monyet tupai jantan dan betina hanya sesekali berbaur, yakni hanya ketika masuk musim kawin. monyet tupai tidak agresif dan bersifat pemalu, suka mengintip dan akan menjerit ketika mereka ada dalam bahaya.

Mereka hanya sesekali turun ke tanah yaitu ketika ingin mencari makanan, monyet tupai adalah monyet peloncat yang handal dan gerakan mereka gesit. Mereka memiliki ekor panjang yang berfungsi sebagai alat keseimbangan.


Monyet tupai adalah hewan omnivora, makanan utamanya adalah buah-buahan sambil sesekali juga menyantap serangga. burung elang adalah predator alami dari monyet ini dan untuk saling menjaga dan menghindari pemangsa mereka menggunakan panggilan vokal yang unik untuk saling berkomunikasi.

Monyet yang tergolong cerdas ini bisa tumbuh mencapai tinggi 35cm dan panjang ekor 42, ciri mereka yang khas adalah bagian mulut bewarna hitam, telinga putih berbulu dan bagian atas kepalanya yang berbulu bewarna hitam (monyet tupai dewasa).


"Baker" seekor monyet tupai pernah menjadi "Monyet Astronaut" dan mengikuti perjalanan ke luar angkasa, baker pulang dengan selamat, kejadian itu terjadi di tahun 1959 dan "Baker" pun mendapat julukan baru yaitu "Space Monkey".


Monyet tupai meninggalkan jejak aroma berupa urin yang mereka sebar di tangan dan kaki mereka, hal ini mereka lakukan sebagai penanda jejak bagi monyet tupai lainnya. Monyet tupai yang berperan sebagai "BOS" mempunyai sifat menunjukkan bagian tubuh "Pribadi" mereka untuk mengingatkan monyet-monyet jantan lainnya akan siapa yang berkuasa.



          Sumber : Google . Nyatanya!? 




Comments
...........