Kisah Inspiratif Jualan Online di Kaskus

/ /




 [Rejeki Ngaskus] Membangun Usaha dari Nol di FJB Sampai Jadi HT, Masuk TV dan KOMPAS



 Hi, Kaskuser semuanyaaa..

Usaha Florist ane sudah berjalan sejak 2 tahun yang lalu, tapi baru buka lapak di Kaskus sejak Mei 2010 setelah "disetanin" sama suami yg mmg Kaskuser dr dulu

Ternyata dalam 1 bulan omzet dan pengalaman ane bertambah pesat karena pesanan2 dari para kaskuser. Jadi pede deh utk buka toko beneran. Sebelumnya ane cuma jualan online. Maklum dana terbatas, sedangkan buka lapak di KASKUS kan gratis toooh.. Sangat cost effective jadinya Lagipula pasarnya ga terbatas dan terus berkembang. Liat aja jumlah member kaskuser!

Dengan sudah terbentuknya pasar dari KASKUS, ane memberanikan diri untuk buka toko di Ruko SPBU Pertamina Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jaksel. Namanya juga usaha baru, bulan pertama isinya menunggu pelanggan masuk toko, bulan kedua mulai dapat flow pelanggan, bulan ketiga baru modal buka toko akhirnya balik.

Kenapa bisa balik cepat? Karena sudah punya pasar duluan dari KASKUS, daaaan harga sewa ruko ane dihitung per bulan, jadi ga memberatkan pembukuan Tiga bulan pertama juga ane cuma ditemani 1 karyawan, semua pekerjaan dilakukan berdua, dari belanja, merangkai, merawat bunga, sampe kadang-kadang nganter juga. Setelah flow sudah agak ramai baru ane berani tambah karyawan sedikit-sedikit.

Pada bulan November 2010 tiba2 ane dapet telepon dari salah satu produser METRO TV, katanya mau meliput usaha ane untuk acara 8 Eleven Show pas acara 10th Anniversary METRO TV hari Kamis, 25 November 2010. Rupanya si produser itu adalah salah seorang klien kaskuser yg puas ama kerjaan ane


Tidak sampai disini aja, ternyata ane juga diundang sebagai Narasumber utk wawancara LIVE di studio bersama Mbak Maria Kalaij untuk segmen Market Review ....

Buat para kaskuser lainnya yang baru mau memulai usaha, berikut beberapa Tips Memulai Usaha:

1. Bersikap Cost Effective
Kalau belum bisa buka lapak off-line yg on-line dulu bisa kok Kalo belom ada dana buat website, FJB juga bisa jadi andalan. Social Media seperti FB dan twitter jg bisa dipakai sebagai marketing tools.

2. Membaca Peluang dengan Teliti
Studi pasar dan keinginannya, tetapkan segmen sejak awal. Misalnya kalo jualan bunga di FJB, pastinya pasar yang ditembak adalah kaskuser-kaskuser yang notabene kaum muda - dewasa muda yang suka sesuatu yangmengikuti trend, simpel dan terlalu ribet model rangkaian bunganya

3. Berani Bertindak
Setelah siap dengan semua strategi, saatnya bertindak! It's better that you fail while trying then doing nothing. Bahkan ane pun ga luput dari kegagalan Sering kok melakukan keputusan bisnis yang salah, tapi pengalaman kan guru terbaik. Jatuh, bangkit dan belajar harus jadi sikap mental supaya bisa sukses.Ga ada modal? Bukan alasan. Di KASKUS banyak juga yang bisa kasih Agan-agan suntikan dana investasi, asal punya Bussiness Plan yang bagus yaa..

4. Sayangi Client
Bukan masalah "klien adalah raja" lagi. Love your client!!! Bersikaplah tulus dan jaga kepercayaan dalam berdagang. Sebagian besar klien ane akhirnya menjadi teman lho. Hal ini yg ane selalu ingatkan sama karyawan-karyawan. Karena usaha bisa hidup, makan, nafas dari klien.

5. Pembukuan yang Rapih itu Kunci dari Pengembangan Usaha
Biasakan diri Agan dengan Pembukuan yang rapih, terencana, dengan pos-pos yang jelas dan terpisah. Dari pembukuan Agan bisa tau pos-pos mana yang bisa dibuat lebih efektif, bisa mengumpulkan modal dan membangun aset juga pada akhirnya Bukan cuma makan profit semata.

6. Belajarlah dari Mana Saja dan Kapan Saja
Buku,sekolah, internet dll sudah pasti sumber yang bagus dan terpercaya. Tapi jangan menutup mata juga dari kemungkinan-kemungkinan lain. Dari karyawan, klien, rekan atau vendor lainnya, atau bahkan orang yang cuma selewat, kita bisa juga lho menemukan banyak pelajaran bisnis (dan hidup..). Yang penting harus rendah hati, bisa terima kritikan, mau belajar juga dari pengalaman

"At the end of the words, ane mewakili segenap karyawan Sentra Bunga, mau mengucapkan BIG thanks kepada Mimin.. We owe u so much! Kalo ga karena KASKUS yang membantu jadi media promosi, lapak sepanjang jaman dan para Kaskuser yg udah jadi former client sekaligus guru2 buat kami, Sentra Bunga ga akan sampe sini.. "




Gimana ? , nyatanya pasti terinspirasi kan ... Untuk lebih lengkapnya mengenai cerita ini atau pasti kamu tertarik untuk mendalami lebih lanjut langsung saja cek TKP-nya di Kaskus 
Klik [Inspirasi Kaskus]




Comments
...........