10 Fenomena 90'an Zamannya SD

/ /



Fenomena Tazos

Di sekitar tahun 96-99' permainan ini sangatlah menarik dan populer (yang lahir di tahun 89-92an pasti nggak asing) saat itu, di zamannya presiden soeharto tazos dapat dimiliki hanya dengan membeli sebungkus chiki (kalau nggak salah cheetos chikiball) , tazos di indonesia sendiri sukses memperkenalkan karakter-karakter looney toons seperti bugs & lola bunny, tazmanian devils, daffy duck, tina toon dan favorit saya 'speedy gonzales' .

Tazos sebenarnya tidak hanya berbentuk bulat, namun di indonesia tazos bulatlah yang populer, dulu tazos-tazos dikumpulkan dan dirakit menjadi bentuk-bentuk kreatif seperti robot, mobil, dan pesawat.

Selain karakter dari looney toons, tazos juga mengadopsi karakter dari pokemon yang mulai populer di akhir tahun 90'an.

*Masih ada nggak ya , yang mengoleksi tazos ?

Fenomena Sepatu 'Nyala' ATT

Hahahah, saya sewaktu kecil nggak pernah kesampean untuk beli sepatu ini , lupakan !?
nyala lampu pada sepatu (kalau diinjek) benar-benar populer dan menjadi senjata pemasaran yang kreatif (saya lupa merek sepatu yang mempopulerkannya).

*Menurut saya, sepatu menyala itu adalah pertanda 'gengsi' anak SD dizaman 90'an.

Terinspirasi dari mister gepeng
Fenomena Mr.Gepeng

Fenomena ini muncul di saat saya kelas 2 SD, menurut mitos di SD saya mister gepeng akan muncul di WC sekolah lebih tepatnya di bak air, kalau kamu melihat wajah mister gepeng di genangan bak air itu maka kamu akan 'saya lupa'.

Mister gepeng adalah urban legend dimasa itu, popularitasnya mengalahkan poconggg, kuntilanak kesurupan, dan pohon beringin. Banyak hal kocal tentang si mister gepeng bagi saya saat ini, saya kembali mencoba merasakan perasaan takut saat itu, teman saya yang menangis karena dikunciin di wc, dan teman-teman yang ke WC Berjamaah karena takut ketemu si mister.

Banyak versi kenapa si mister jadi gepeng, namun yang teringat di otak saya saat ini adalah mister gepeng mati karena tergencet lift, oh iya mister gepeng juga punya pasangan bernama suster gepeng yang berevolusi menjadi suster keramas.

*Fakta Nyatanya !? si mister gepeng karena dikesot suster ngesot ...

Yang ini mah jago ngebelah dagunya
Fenomena Dagu Belah

Belum jelas darimana 'trend' ini dulu berasal , yang pasti dagu belah adalah 'lambang kejantanan' saat saya masih mangkal di kelas 4 SD.

Ada yang bilang 'Dicky Chandra' adalah sumber inspirasi dagu belah, tapi ada yang bilang inspirasinya dari monyet (apanya yang belah !?). Bagaimana dagunya bisa dibelah ? caranya pakai coin atau getah apalah yang digesek-gesek ke dagu sehingga membentuk 'koreng vertikal' dan pastinya akan terlihat keren.

*Di sekolah saya saat itu ada razia 'dagu belah' .

Fenomena Kiamat 09.09.1999 / Y2K (Year 2 Kilo)

Banyak orang-orang (khususnya anak SD) yang takut terkencing-kencing akibat HOAX ini , ada yang sampai dari Cabut kerja/sekolah yang mengakibatkan 'Nyepi Dadakan'  , namun kenyataan banyak teman-teman saya yang pada tanggal 10.09.1999 di jemur dilapangan karena bolos.

*Satu-satunya HOAX yang bisa membuat saya takut.

Fenomena Tersanjung & Tersayang & Ter Terlainnya

Kalau nggak salah gara-gara sinetron ini Adam Jordan menjadi terkenal karena 'Awet Muda'nya, tersanjung adalah sinetron amit-amit yang di episode 1-4-nya (CMIIW) masih keren namun di episode 5 keatas amit-amitnya menjadi akut dan menjadi inspirasi munculnya sinetron amit-amit lainnya , terus ada juga sinetron tersayang yang dibintangi oleh mbak jihan fahira, tersayang mempopulerkan topi yang bertuliskan 'tersayang' yang laku dijual.

*Untungnya Saat itu belum ada terselubung.


Fenomena Jam G-Shock dan Baby G

Jam yang Gede-nya gak normal di tangan anak SD ini juga menjadi simbol 'gengsi' pada saat itu , bayangkan separo kelas gw pada make jam tangan itu kesekolahannya, bahkan ada temen gw (cowo) salah beli jam, dia malah beli Baby G yang buat perempuan, tapi dia tetap sing selow demi 'tren'.

*Faktanya kebanyakan yang dipake temen-temen gw itu G-Shock Abal-abal (baru nyadar 10 tahun kemudian)

Fenomena Pemilu 1997

Fenomena TOLOL, KOCAK , DAN BIZZARE yang benar-benar gw dambakan terjadi lagi saat ini, pohon beringin nan kuning, ka'bah yang hijau, dan kepala banteng yang merah adalah simbol-simbol yang rajin di teriakkan anak-anak SD saat itu.

Pulang sekolah mereka langsung Go keliling kampung pakai sepeda sama temen-temen yang laen, pasang ikat kepala (mirip naruto) di jidat, kalau nggak punya gambar sendirilah di kaen putih bekas poconggg. terus teriak-teriak sok erotis (maksudnya heroik) " Golkar golkar''.... "P3 (pe tiga ... pe tiga ... pe tiga)" , PDI (pe de i , pe de i ....) ...

Kampanye berisik dan rusuh di jalanan masing-masing pendukung partai juga menjadi nostalgia unik yang mana pemilu2 tahun 2004-2009 gak bisa nyamain, bunyi klakson-nya benar-benar mencerminkan rasa partaisme :p

*Hahaha, namun yang paling gw inget adalah ejek-ejekannya, kuning itu ta*i , hijau tah* kebo , merah gw lupa (darah mungkin) ....

Gak nemu gambar mobil F1 ,ginian juga gapapalah
Fenomena F1 bungkus Rokok

Yang ini bagi gue sama aja kayak fenomena PEMILU yang bikin keliling komplek + ribut antar komplek (bahasa kerenya *bengkel F1), buat bikin mobil-mobilan ini kita cuman butuh 2 bungkus rokok (3 -10 kalo mau panjang) , tutup coca-cola-an, sama tali buat narik itu F1 keliling komplek.

Satu hal yang pasti kreatifitas maenan jaman dulu emang top banget, bandingin sama tahun 2011 ini, anak sd lebih kenal point blank dari pada petak umpet.

*Sengaja Nginjek mobil temen ampe gepeng & penyok , akibatnya berantem di lapangan.

Fenomena Smack Down

Efek ini muncul dan populer karena RCTI menampilkan tayangan WWF SmackDown (kalau nggak salah malam jumat ,CMIIW) ditambahkan Play station a.k.a permainan setan turut meracuni anak-anak sd "what the rock is kooking' , waktu itu gw rela-relain begadang dan ngumpet-ngumpet buat nyalain TV jam 11 (maklum anak SD).

Smack'an dari the rock, triple H , dan val venis adalah yang paling sering dipakai teman-teman gw untuk memulai RAW di dalam kelas kalau lagi jam istirahat, dan anehnya gak ada dari temen-temen gw yang cedera atau ngadu ke orang tua karena cedera atau nangis.
 
*Itulah hebatnya anak-anak SD jaman 90'an

          Sumber :  Nyatanya!? 




Comments
...........